Testimonial Peserta PDF Print E-mail
Written by Syailendra   
Monday, 17 January 2011 05:56

Testimonial Metode Matematika Gasing

Gerakan Ibu Pandai Matematika (GIPIKA)

Pertama kali diperkenalkan Program Pelatihan GIPIKA, yang terlintas di benak saya adalah : “Saya harus mengikuti program pelatihan ini !“. Keinginan tersebut muncul dengan kuat setelah mendengarkan kisah tentang team asuhan Prof. Yohanes Surya, Ph.D yang berhasil menjadi juara Olimpiade Fisika Internasional, khususnya kisah yang mencengangkan tentang anak-anak yang dianggap bodoh dan tidak mampu ternyata bisa membuktikan bahwa mereka adalah anak-anak yang pandai.

Saya merasa sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, dan berterima kasih diberi kesempatan untuk mengamalkan ilmu yang saya dapatkan langsung kepada anak-anak di sekitar saya. Sekalipun menghadapi berbagai tantangan dalam prosesnya, saya berpendapat bahwa untuk suatu tujuan yang mulia tantangan tersebut tidaklah terlalu berarti, dibandingkan dengan semakin banyak anak-anak yang mendapat kesempatan untuk belajar dengan lebih baik dan menjadi generasi muda yang cerdas dan membanggakan. Sehingga saya menemukan, justru dengan adanya tantangan tersebut, proses belajar dan mengajar menjadi mengasyikkan, dan saya memiliki pengalaman untuk diceritakan, seperti yang saya lakukan saat ini melalui tulisan ini.

Harapan saya, apa yang dilakukan Prof. Yohanes melalui pelatihan GIPIKA ini menjadi sumber inspirasi yang tiada habisnya untuk memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Seperti semangat Prof. Yohanes mempengaruhi para peserta untuk terus berjuang dan membagikan ilmu yang dimiliki dengan ikhlas, kiranya semangat tiap peserta GIPIKA menular pada lingkungan sekitarnya secara positif. Sehingga semakin banyak anak-anak yang mendapatkan kesempatan belajar dengan cara yang lebih mudah, asyik dan menyenangkan. Bila Tuhan menghendaki, setiap peserta pelatihan GIPIKA yang mau tekun menabur dengan membagikan ilmunya tentu akan melihat buah-buah yang manis, matang dan layak dinikmati di masa-masa mendatang. Tidak ada keberhasilan tanpa upaya untuk menaklukkan tantangan dan mengubah tantangan tersebut menjadi peluang-peluang yang mengasyikkan untuk dapat berkarya nyata dan berdampak bagi generasi penerus bangsa.

Anita Ch

Karyawan Swasta

Kebebasan waktu bertemu dengan anak merupakan kendala karena anak yang dilatih secara sukarela dan harus mengikuti jadwal les dan ekskul mereka.

Tapi dengan waktu-waktu lebih kurang satu jam, dalam seminggu saja anak kelas 1SD yang saya latih jadi sangat hobby matematika dan nilai test matematikanya 3X ber turut-turut dapat score 100!! Dan dia sudah sangat jago penjumlahan sampai ribuan. Dan sekarang sedang belajar perkalian…thanks pak Yo

Lidia

Ibu Rumah Tangga

Saya sangat senang bisa ikut pelatihan Gipika. Saya mendapat ilmu baru yang begitu luar biasa. Ilmu matematika yang belum pernah terpikir oleh saya. Dengan metode Gasing yang gak bikin pusing. Saya mendapat pencerahan tentang matematika yang menurut banyak orang itu sangat manakutkan.

Walauppun bagi saya matematika itu asyik, senang dan saya sangat suka matematika, tetapi saya belum tahu bagaimana membuktikan bahwa matematika itu asyik kepada anak-anak sekolah. Sampai saya mendapat metode Gasing dari Gipika yang bisa membuktikan bahwa matematika itu memang gampang, asyik dan menyenangkan.

Latifah

Lampung

Sebagai guru bimbel, anak-anak yang daya tangkapnya cepat mudah mengerti materi GASING. Tetapi ada anak yang tidak mau menerapkan karena merasa lebih hebat/ malas malahan jadi gagal

Ada anak yang karena sangat menyukai metode ini (sebelumnya selalu mendapat nilai buruk di sekolah utk matematika) ia sampai memimpikan dan mengigau mengerjakan soal-soal GASING. Dari 9 anak, ada dua yang tidak mau menerima atau meremehkan metode ini.

Fenny Hartono

Ibu Rumah tangga dan guru les

Saya sangat menghargai usaha yang dilakukan oleh pak Yohanes, untuk menemukan/mengusahakan suatu metode agar matematika menjadi pelajaran yang mudah, dan tidak menakutkan bagi anak-anak. Yang mana secara umum anak-anak sudah tidak pede/takut duluan, kalo menghadapi pelajaran matematika (mungkin karena guru matematika banyak yang tidak ramah???)

Selain itu, beliau sangat murah hati dalam membagikan ilmu yang dimilikinya, sehingga lebih banyak orang yang akan menjadi pintar matematika. Hal ini berbeda dengan orang lain, yang bisa dibilang “pelit” (maksud saya, memberikan soal2 yang sukar tapi tidak memberikan jalan/cara pemecahannya). Berbeda dengan Pak Yohanes, memberikan soal2 yang cukup sulit, tapi juga memberitahu cara-cara untuk memecahkan/mengerjakan soal2 yang sulit tersebut.

Akhirnya, saya sangat berterima kasih kepada Gipika dan prof. Yohanes yang telah membagikan ilmunya kepada kami. Dan saya mengharapkan saran-saran untuk follow up/praktek penyebarluasan metode ini ke lingkungan saya berdasarkan pengalaman bapak/ibu lain yang sudah berpengalaman dalam menyebarluaskan metode gasing ini.

Laurentia Evy

Guru Les

Buku Pintar Berhitung Gasing yang diberikan bisa dilatih untuk si anak tapi karena keterbatasan waktu tidak bisa diselesaikan. Akhirnya saya sendiri dibantu anak saya melanjutkan sampai selesai. Mengingat GASING ini sangat bermanfaat kepada anak-anak maka saya ajarkan juga pada anak saya yang di SMP dan SMA walaupun harus dari dasar lagi. Saya sangat terkesan sekali bisa mendapat kesempatan baik dilatih oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Tentunya banyak manfaat yang dirasakan terutama sewaktu menyelesaikan latihan soal GASING yaitu :

1. Semakin lama saya mengerjakan kok lama-lama jadi ”asyik” bahkan belum mau berhenti bila belum tuntas / lupa waktu.

2. Dalam melatih anak jadi lebih memahami dan dapat diarahkan apa yang sebenarnya tertuang dalam latihan soal ini.

3. Biasa menghitung penjumlahan atau perkalian menggunakan kalkulator sekarang sudah bisa langsung hitung hasilnya dengan cepat menggunakan GASING.

4. Untuk mengasah otak menjadi lebih encer dalam menghitung dan membuat otak juga cepat tanggap / lebih jenius.

Shandy Suryadi Citra

Marketing

Senang karena mengetahui cara yang lebih baik untuk mengerti matematika.

Tantangannya: saya sendiri terlebih dulu harus menerapkan/berlatih GIPIKA GASING ini

Kedua, merubah pola pikir/cara lama belajar matematika anak ke cara yang baru

Ke tiga, pengaturan waktu untuk konsisten berlatih

Ikawati

Ibu Rumah Tangga

Awal-awalnya saja anak binaan saya mau berlatih, baru berjalan beberapa hari saja si anak sudah tidak mau lagi. Sedangkan ketika saya melatih kepala cabang wilayah Banten, mereka sangat antusias. Sangat senang bila dilanjutkan. Dan rencananya saya juga akan melatih para pengajar di wilayah Banten.

Aspin Silitonga

Pengajar

Cukup menyenangkan melihat anak-anak menjadi lebih bersemangat dengan matematika yang selama ini menurut anak-anak adalah pelajaran ygn tidak menyenangkan bahkan menakutkan.

Indah Hapsari

Fisioterapis